no image added yet.

Ngabuburit

Meski orang batak tapi sejak dulu kami paham istilah ngabuburit, sebuah kegiatan menghabiskan waktu di sore hari menanti waktu berbuka.

Ngabuburit kerap dijadikan juga sebagai cara menjalin silaturahim, bukan sekedar membuang waktu tanpa arah maka sebaiknya ngabuburit harus memberi kegiatan positif

Aku mau sharing 4 ide kegiatan ngabuburit yang cocok dilakukan bersama keluarga.

JALAN-JALAN SORE

Biasanya kalau bulan Ramadhan maka jam pulang kantor juga lebih awalkan, buat yang Ayahnya bekerja maka bisa banget mengajak anak-anak untuk jalan-jalan sore. Bisa ke taman dekat rumah, bisa naik motor mengelilingi jalanan kompleks atau sekedar berkumpul dengan tetangga.

Jalan-jalan sore akan membangun interkasi yang lebih baik antara ayah dan anak. Dulu aku merasakan banget manfaat ini. Papa yang selalu pulang malam namun saat Ramadhan akan selalu menemani sore hari kami. Dengan kendaraan roda dua nya kami berkeliling komplek dan kadang-kafang kami mampir membeli jajanan untuk berbuka.

MENGANTAR TAKJIL KE MESJID

Hal lain yang kami lakukan untuk kegiatan ngabuburit adalah memasak takjil dan mengantar ke mesjid terdekat. Tidak setiap hari namun ada satu masa kami akan bahagia melangkahkan kaki menuju mesjid sambil membawa takjil buatan mamak. Sisi lainnya aku dan adik-adik punya kegiatan bersama di dapur kemudian memberi sedekah di saat bulan Ramadhan dilimpahi pahala yang banyak. Kegiatan ngabuburit kami habiskan menanti adzan di masjid sambil kami membagi takjil yang sudah kami bawa.

NGABUBURIT KE MALL

Setelah nemiliki anak maka lokasi ngabuburit yang aku pilih adalag Mal. Selain fasilitas lengkap maka kita juga enggak akan repot memilih aneka makanan untuk berbuka. Dan asyiknya mal dekat rumah playgroundnya asyik sehingga sambil melatih si kecil berpuasa diapun asyik bermain. Dan yang enggak kalah penting sebaiknya sudah memesan tempat dulu ya mom’s supaya anak-anak tidak bete menunggu waktu berbuka dan setelah makan sebaiknya langsung ajak anak melaksanakan sholat di musholla yang disediakan mall ya.

PESANTREN KILAT

Musholla dekat rumah mengadakan agenda Pesantren kilat setiap tahun. Mungkin di lingkungan teman-teman juga ada coba deh cari informasinya. Bila ada maka layak diikuti, karena akan membuat anak-anak lebih tertib. Pesantren kilat yang diadakan di musholla dimulai dari jam 4 sore sampai menjelang berbuka. Biasanya enggak ada biaya hanya nanti orang tua akan bergilir membuat snack untuk berbuka.

4 ide kegiatan ngabuburit diatas adalah hal yang pernah aku alami. Ngabuburit tentu dilakukan ba’da ashar dan usahakan kegiatannya positif ya mom’s.

Ngabuburit akan menyenangkan bagi anak-anak, karena rasa lapar yang menyerang mereka akan teralih kan hehe karenanya ngabuburit dimataku selalu punya nilai positif.

Nah gimana ges ? Kalian punya ide kegiatan ngabuburit yang lain? Share yuk supaya kita emak-emak enggak bingung kalau mau ajak anak-anak melakukan kegiatan selama bulan Ramadhan.

Well guys! Selamat menjalankan ibadah puasa ya, semoga semua harapan kita bisa terlaksana ya aamiin.

 

 

 

 

Kombur Mamak

Leave a Reply