Biasanya memang malas banget meluangkan waktu untuk mengunjungi destinasi wisata di kampung sendiri. Bukan tidak tertarik, hanya saja ada perasaan ‘ah nanti sajalah, toh dekat, dan masih disini’ hingga tibalah aku menikah dan ternyata aku tak banyak mengetahui betapa Palembang punya banyak destinasi wisata.

Alhasil setelah menikah setiap mudik aku selalu mengajak suami untuk menjelajah tempat wisata yang ada di Palembang. Beberapa tahun sebelumnya memang agak sulit karena terbatas pada kendaraan, namun setahun belakang sejak ada kendaraan online maka kesulitan transportasi bisa kami atasi. Urusan mencari tiket mudik juga selalu aku lakukan mendekati hari H, lah emang enggak mahal li ? Nop! Kan ada aplikasi Skyscanner yang bisa kasih berbagai perbandingan harga tiket pesawat dari ratusan website tiket online. Tahun lalu adalah lebaran paling berkesan bagi ku. Karena anak-anak juga sudah semakin besar sehingga semakin asyik diajak melakukan perjalanan wisata.

Jelajah Nusantara sebagian besar bisa dilakukan berkat pekerjaan

Oh iya karena anak-anak masih Balita maka aku selalu mencari pesawat yang nyaman bagi mereka, dan alhamdulillah sampai saat ini selalu dapat harga tiket pesawat termurah meski peak seasons. Hunting tiket online memang harus sering ku lakukan, yah namanya juga mau nyaman dengan harga termurah hehe, buktinya bisa kok. Garuda adalah maskapai penerbangan yang menjadi pilihan kami untuk mudik ke Palembang, untung lah jaraknya tak jauh hanya 55 menit saja dari Jakarta. Harga tiket pesawat Garuda Indonesia di peak seasons adalah 500 ribu saja. Tahun lalu kedua anak-anak sudah dikenakan tiket, dan Garuda masih memberlakukan harga proporsional sesuai usia anak jadi ongkos PP kami tak sampai 4 juta, untuk peak seasosns ini sudah sangat murah loh. Maklumlah aku mudik hanya saat lebaran.

Pekerjaan Membawa ku Jelajah Nusantara

Sebagai orang Indonesia tentu aku berkeinginan untuk bisa mengunjungi seluruh nusantara dan sampai saat ini aku beruntung karena pekerjaan ku mampu merealisasikan impian tersebut. Aku bekerja di perkebunan kelapa sawit dan lokasi kebunnya ada di pulau Sumatera dan Kalimantan. Aku sudah mengelilingi seluruh Kalimantan, begitu pun dengan Sumatera. Mengunjungi wilayah-wilayah baru dan di pedalaman selalu membuat aku memahami betapa Indonesia adalah negara yang beragam. Andai tak pernah ke pelosok mungkin aku tak akan pernah paham betapa hidup dalam temaram cahaya, hidup hanya menggunakan transportasi air, bahkan harus jatuh bangun di jalanan lumpur merupakan sebuah cara bertahan hidup yang nyata ada di Indonesia.

Pontianak adalah salah satu kota yang aku suka, bahkan aku sudah mengunjungi Entikong perbatasan Indonesia – Malaysia dan rupanya pulau terkecil yang diakui PBB juga ada di Singkawang – Kalimantan Barat. Meulaboh setelah di landa tsunami lahir menjadi kota baru yang sempat aku kunjungi pada tahun 2008 lalu. Selain kehidupan masyarakatnya tentu alam Indonesia memberikan pandangan ala surga duniawi, indah di pandang mata.

Setelah menikah aku selalu berkeinginan bisa mengajak anak-anak dan suami untuk menjelajah nusantara minimal beberapa daerah yang sudah pernah aku kunjungi. Palembang adalah tempat tinggal ku, meski aku sudah lama menetap disana namun aku baru mengeksplor Palembang beberapa tahun terakhir ini saja. Bahkan saking konyol nya aku baru tahu kalau rumah adat yang ada di lembaran mata uang pecahan sepuluh ribu rupiah adalah rumah adat Limas yang berlokasi di Museum Balaputra Dewa di belakang rumah ku haha. Akhirnya tahun lalu aku dan keluarga berkesempatan untuk mengunjungi beberapa destinasi keren di Palembang. Mengunjungi destinasi wisata di Kota Bogor, Bandung, Cilegon bahkan sampai ke Pulau Seribu membawa bayi juga sudah kami lakukan, ada kebahagiaan bila bisa mengeksplor kota-kota di Indonesia.

Berikut adalah 8 destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi jika berada di kota Palembang, jaraknya enggak jauh-jauh jadi bisa selesai dalam sehari. Sekalipun kalian tidak punya teman yang menemani perjalanan kalian namun aku yakin kalian akan dengan mudah mendatanginya. Delapan destinasi wisata ini aku urut kan dari yang paling dekat dengan lokasi bandara. Terserah bila kalian ingin mengubah rute secara terbalik, sesuaikan dengan kepentingan ya.

8 Destinasi Wisata Dalam Kota Palembang

  1. Punti Kayu : lokasinya dekat dengan bandara Sultan Mahmud Badaruddin Palembang. Menuju ke kota dan posisi Punti Kayu di sebelah kiri jalan. Punti Kayu ini mirip seperti Kebun Raya tapi dalam luas-an yang lebih kecil. Di dalamnya kita bisa duduk-duduk santai, tersedia juga wahana permainan untuk anak seperti naik sampan dayung atau playground ala taman kanak-kanak serta mini zoo untuk dinikmati bersama si kecil. Lokasi ini cocok untuk didatangi bersama keluarga sambil membawa bekal makan siang dari rumah.
  2. Museum Balaputra Dewa, setelah dari Punti Kayu maka kalian bisa melanjutkan perjalanan ke Museum Balaputra Dewa, jaraknya hanya sekitar 3 KM dari Punti Kayu. Kalian bisa langsung menuju belakang museum untuk melihat rumah adat limas yang selalu ada di dalam uang pecahan sepuluh ribu rupiah. Dan ini adalah salah satu spot yang hits bila berkunjung ke Palembang. Di museum ini kalian akan bisa menyaksikan sejarah kota Palembang dan untuk masuk ke sini pun cukup murah tidak lebih dari lima ribu rupiah.
  3. Museum Al-Aquran Al-Akbar : arahkan perjalanan kalian untuk mampir ke museum Alquran terbesar di Indonesia, biaya masuk hanya lima ribu dan didalamnya kalian akan takjub melihat ayat Allah diukir di kayu mirip jendela raksasa.
  4. Jembatan Ampera. Next lanjutkan perjalanan menuju kota dan temukan lah Jembatan Ampera yang berada di tengah kota. Spot keren lainnya untuk update instagram kalian genks. Kalau sudah sampai Ampera sebaiknya kalian turun ke bagian bawah. Karena disana ada Museum Nasional tapi ini kurang menarik sih, tempatnya agak pengap. Atau kalian bisa mampir ke Mesjid agung Palembang yang masih di seputaran jembatan Ampera.
  5. Pulau Kemarau. Setelah puas dengan jembatan Ampera kalian bisa mencoba sensasi naik speedboat untuk melihat Ampera dari atas sungai Musi yang luas. Dan kalau berani langsung tawar harga sewa speedboat untuk menuju Pulau Kemarau. Di Pulau kemarau ini ada kelenteng Budha, dan tempat ini dikenal karena legenda sepasang kekasih yang tidak jadi menikah hanya karena salah paham. Jangan heran bila di dalamnya ada Pohon Cinta. Vihara nya juga mirip dengan vihara di luar negeri.
  6. Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, selesai dari Pulau Kemarau sebaiknya lanjutkan perjalanan kalian ke seberang Ampera. Ada beberapa destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi dan sudah pasti stadion Gelora Sriwijaya salah satunya, keliling dengan kendaraan untuk melihat view berbagai macam olahraga atau ingin melihat danau buatan juga asyik.
  7. Bird Park, di seberang stadion di samping Lippo Mall ada wisata Bird Park, berbagai jenis burung dan hewan lainnya ada disini.
  8. Mesjid Cheng Ho, setelah dari bird Park masih disekitar sana ada Mesjid Cheng Ho, seperti di Semarang maka di Palembang juga ada jejak sejarahnya. Mesjid ini kental dengan arsitektur tiongha dan ramai di kunjungi pada hari biasa dan hari libur.
Suamiku senang banget karena pada akhirnya kami bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata di kota Palembang. Masih banyak tujuan wisata yang lebih keren di beberapa kabupaten Sumatera Selatan salah satu tujuan kami berikutnya adalah Lahat dan Pagar Alam, dan saatnya kami hunting tiket murah di Skyscanner.

Jelajah Nusantara Bersama Skyscanner

Dari awal tulisan kalian pasti sudah membaca Skyscanner, aku yakin buat yang deman jalan-jalan sudah akrab dengan aplikasi satu ini. Nah buat kalian yang penasaran apa sih Skyscanner itu ? aku akan bantu jelaskan, bahkan nih saat ini ada promo terbaik buat kalian ingin explore Palembang, yuhuuu delapan destinasi keren diatas bisa banget kalian kunjungi di bulan April loh.

Skyscanner

Adalah aplikasi yang bisa memberikan penawaran terbaik untuk tiket pesawat, hotel bahkan sewa mobil. Uniknya lagi kalian bisa juga merencanakan liburan multi kota guys cukup dengan satu klik saja. Hanya di Skyscanner yang punya menu pencarian tiket pesawat murah antar kota. Seperti tahun lalu aku merencanakan liburan ke Medan dan Palembang and in a real time aku langsung bisa dapat penawaran terbaik untuk ke dua kota tersebut, jadi lebih ringkas kan !

Keunikan lainnya adalah menu Sewa Mobil, sewaktu kami jalan-jalan di kota Medan maka cukup dengan menu Sewa Mobil kami sudah dapat harga terbaik dari Skyscanner sehingga kami bisa puas menjelajah destinasi wisata di kota medan.

Sewa Mobil dengan Perbandingan Harga Terbaik

Lalu informasi seputar destinasi wisata serta tips aman selama liburan juga tersedia di aplikasi Skyscanner, mau kemana saja tinggal hunting di Skyscanner. Kenapa harus Skyscanner li ? Ya iya lah, itu karena kita akan mendapatkan perbandingan harga dari seluruh tiket online yang ada jadi enggak usah bolak balik buka banyak aplikasi. Skyscanner saja mudah dan cepat !

Menu Multi Kota Memudahkan Traveller

Yuk ! Buat kamu yang ingin mudik, ingin menjelajah nusantara saatnya kamu hunting tiket pesawat, hotel dan dapatkan promo terbaik lainnya di Skyscanner.

Disclaimer di akhir artikel: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner
Kombur Mamak

10 Comments

Leave a Reply