Kreatif itu bisa muncul kalau sudah kefefet haha, ya ya seperti yang aku lakukan untuk selalu bisa mengajak hangout anak. Entahlah kalau di dalam rumah saja rasanya emosi enggak stabil haha. Melihat anak membongkar mainan nya akupun langsung bilang ini itu, berjalan ke dapur melihat piring kotor menambah pusing. Alhasil aku kehilangan quality time bersama anak. Kesimpulannya memanfaatkan waktu yang hanya bisa full bersama mereka dua hari saja semakin enggak sehat kalau kami berada di dalam rumah.

Alhasil setiap weekend aku usahakan mengajak anak-anak ke luar rumah. Kalau awal bulan bolehlah mampir ke ke ep si cari gerai yang ada playground nya, yah setengah hari bisa betah disana. Tapi enggak setiap weekend kan mamak ada duit nya, alhasil kadang boyong ke rumah uwak nya. Alternatif lain adalah mengunjungi taman dan mall yang menyediakan taman bermain untuk anak. Alhamdulillah sih di daerah tempat tinggal kami banyak taman dan mall yang bisa dikunjungi sekedar untuk melepas penat.

Berada di luar rumah bersama anak-anak sangat menyenangkan, selain mereka bahagia, mamak nya pun bahagia bisa lepas dari keadaan rumah. Empat kegiatan ini rutin aku lakukan untuk mengisi hari libur bersama keluarga dengan low budget buanget hehe

  • Mencari tempat bermain gratis, misal taman kota, nah sekarang kan konsep taman kota itu ramah anak. Bahkan di Tangerang banyak banget taman kota yang ramah untuk anak, selain ada permainannya juga ada hewan lucu yang bisa dilihat anak-anak. 
  • Usahakan membawa makanan dan snack dari rumah, judulnya saja lagi enggak punya duit jadi olah masakan dari rumah deh.
  • Masih susah mencari tempat yang gratis, jangan khawatir ciptakan kondisi bermain di dalam rumah. Misal suruh anak mandi di halaman rumah, atau bahkan nyemplung ke dalam bak mandi. Mereka senang dan menguras bak mandi pun sekalian dilakukan hehe
  • Cara yang lainnya bisa juga mengajak anak-anak membersihkan halaman dan rumah. Anak-anak sih pasti seru karena mereka bisa bebas kesan sini.

Nah ini dia liburan ala komburmamak, hanya butuh modal bayar parkir (maksimal lima ribu rupiah)

Bermain di Playground Mall

Seperti cerita ku tadi bahwa tempat tinggal kami ini dekat dengan beberapa mall yang ramah anak. Salah satunya adalah Aeon Mall dan Sumarecon Mall Serpong. Modal yang kami butuhkan adalah bekal makanan dari rumah dan naik sepeda motor. Biasanya kami memilih berangkat setelah Ashar jadi cuaca enggak begitu panas. Kedua Mall ini hampir disetiap lantainya menyediakan mini playground, tetapi kami lebih memilih playground yang ada diluar mall, selain lebih luas Benar-benar mall dengan konsep keluarga. Di setiap lantainya ada area playground, nursery room. Dari rumahku ditempuh tidak lebih dari 15 menit. Aku lebih senang bermain ke playground di luar mall karena lebih luas dan tidak harus menunggu mall buka untuk bisa bermain. Karenanya, aku kerap membawa anak-anak pada jam 7 pagi, sembari kita orang tua sambil olahraga, anak-anak bisa bermain dan menikmati sarapan di alam. Modal kemari hanya uang parkir, ya enggak akan lebih dari 3 jam lah rasanya sudah puas.

Mall ini memberikan kesenangan tersendiri bagi keluarga kami. Ada kolam ikan yang bagus, di mana kita bisa duduk di pinggir kolam mengajak ikan bermain, lalu area playground yang besar dan lengkap, ada perosotan, climbing, ayunan dan istana pasir. Nah, Kanda anakku paling suka bermain pasir. Jangan khawatir bila anak kotor karena ada tempat untuk kita memandikan anak, yang penting bawa sabun, handuk, dan baju gantinya.

Berenang Tak harus di kolam renang mahal, manfaatkan bak mandi rumah untuk membuat anak senang bermain air. Atau cek komplek perumahan terdekat yang mempunyai fasilitas kolam renang umum, dipastikan biayanya jauh lebih murah dibanding wahana air lainnya. Ingat, tujuannya anak hepi.

Berenang di Bak Mandi

Membersihkan Halaman Rumah dan Bermain dengan Hewan Peliharaan Salah satu cara membuat anak hepi itu dengan membiarkannya bermain kotor. Nah, biasanya kami akan membersihkan halaman rumah. Suami memotong rumput, aku merapikan rumah, dan anak-anak biarkan berkeliaran di sekitar kita. Meski pekerjaan jadi ribet tapi melihat anak-anak bahagia pasti rela deh…. Atau bisa juga kami menghabiskan waktu dengan mengajak Kin-Kin kucing peliharaan kami bermain selain anak-anak senang, hewan peliharaan kita juga bahagia bisa bermain bersama.

Bermain bersama Hewan peliharaan

Buatkan Anak Mainan, Banyak website yang memberikan ide untuk kita. Karena anakku balita, maka aku suka download game puzzle online. Print di kertas, lalu tempel di karton bekas, gunting dan biarkan anak menyusunnya. Sederhana namun bisa menambah akrab dengan anak. Atau bisa juga membuat playdough dan pasir-pasiran dari tepung memang butuh modal ide sih tapi gampang kan bisa tanya sama om gugel hehe.

 

Bermain playdough buatan mamak

Jadi enggak usah mikirin travelling kemana, soalnya travelling is not about destination right ?

Kombur Mamak

Leave a Reply