Kuliner

Memasak Kepiting dan Cara Membersihkannya

Udah lama banget aku gak bahas masakan ya, padahal dulu niatnya ada blog ini mau update rutin loh hehe, Rabu khusus mau bahas resep masakan. Tapi apa daya ya sob ternyata angan-anagn itu indah haha. Beklah! mari kita bahas tentang menu yang aku masak beberapa hari lalu.

Olahan Kepiting
Olahan Kepiting

Kebetulan sudah sebulan ini di pasar lagi musim kepiting (whateverlah ya namanya ini apa, ada yang bilang rajungan ya?) inshaallah ini halal kok. Aku beli 4 mister crab, karena anak-anak juga gak suka jadi beli 4 buat sekali makan untuk aku dan suami. Dari 4 ekor mister crab ini bisa jadi dapat 8 potong jadi bisa buat santap 3 oranglah ya.

Cara Membersihkan Kepiting

Kekurangan ku adalah dalam mendokumentasikan, mengapa? Karena aku masak tuh mulainya jam 3 pagi kan gak mungkin bangunin suami buat ngerekam, jadilah aku akan bercerita saja dan semoga kalian bisa memvisualisasikannya dengan tepat atau setelah baca langsung cari di yutub ya hehe.

Sumber poto dalam ilustrasi :
atas : icon-icon
bawah : travelkompas.com

Kepiting itu kalau gak bersih menurutku akan amis, dan aku biasanya membersihkan kepiting aku rebus dulu supaya duri dicapitnya gak begitu tajam. Rebus kepiting dengan air sampai menenggelamkan badan kepiting, keprek lengkuas dan serai lalu rebus hingga mendidih sekitar 3 menit saja ya. Lalu siram dengan air dingin dan mulai membersihkan kepiting :

  1. buka cangkangnya dan bersihkan lendirnya, enaknya kalau udah di rebus tuh kelihatan yang kotor-kotornya jadi gampang bersihinnya. Setelah itu potong ruas-ruas yang seperti plastik tepat dibawah cangkang aku biasanya menggunakan gunting. Setelah bersih cangkang tutup kembali ya
  2. gunting sisi tajam yang ada disepanjang capit kepiting, tujuannya supaya tumpul saja ya
  3. buka tanda segitiga atau oval di badan kepiting, tarik dan lepaskan kemudian buang kotorannya. Ini adalah alat kelamin kepiting
  4. geprek capitnya supaya ketika makan lebih mudah mengambil daging kepitingnya

Oke setelah dibersihkan dan kepiting ini sudah dalam keadaan matang ya, sekarang kita masuk tahap pengolahan. Untuk mister crab selama ini aku hanya mengolah dalam dua menu saja yaitu di sup dan di masak saos pedas manis. Kali ini aku mau membahas resep kepiting saus pedas manis.

Resep Kepiting Saus Pedas Manis

Bahan :

  • kepiting 4 ekor
  • trio bawang (merah, putih & bombay), tomat, cabai dihaluskan
  • daun jeruk iris tipis
  • air, garam, lada secukupnya

Cara memasak :

  • tumis bumbu halus, setelah harum masukkan irisan daun jeruk kemudian sesuaikan rasa dan bila sudah mendidih masukkan kepiting aduk rata hingga kuah sedikit mengental.

Kepiting Saus pedas manis ini memang mudah banget mengolahnya, dan enggak butuh waktu lama untuk menyajikan sebagai santapan. Jadi jangan ragu untuk mengolah kepiting ya. Bagi sebagian orang malas makan kepiting karena ribet dengan cangkang dan capitnya, buat aku sebaliknya makan kepiting itu mengasyikkan karena seru aja gitu nyari dagingnya dibalik capitnya haha. Bahkan ketika hamil aku makan kepiting dan dikatai nanti anakku bakal suka nyubit haha, but i dont know ya memang si si Kanda kalau nyubit memang sakit banget haha.

Kepiting Saus pedas manis ini cocok buat disantap siang dan malam hari dan better ada pelengkap acar ya supaya kolesterol enggak naik dan makan kepiting tanpa nasi itu bisa mengenyangkan karena capek proses makannya haha. Kalau beli di warung seafood seporsi begini bisa 80 ribuan dengan masak sendiri ini modalnya paling hanya 25 ribu ges, hemat dan puas lagi ya kan.

Ok itu dulu resep dari komburmamak kali ini, next kalau aku rajin akan posting menu masakan lain siapa tahu bisa memberikan ide buat kalian, sampai jumpa di masakan komburmamak berikutnya.

Kombur Mamak

Hi, I am Uli, a wife, mom of two, working mom and also as a blogger. Live happily with gratitude and patience. Contact me +62 896 2710 3287

Related Articles

16 Comments

  1. Makasih Eda tips nya selama ini saya suka pengin masak sendiri kepiting jenbis rajungan tapi gak tau cara yang simpel, yang dituliskan eda ini kayaknya aplicable deh 🙂

  2. Kepiting itu yang mamak masak, kalau rajungan alias blue crab yang lebih pipih dan berwarna biru, langsung mati saat keluar dari air. Kalau kepiting beberapa lama baru mati kalau tidak dalam air

  3. Halo mb Uli 🙂 Keren amat ya bisa masak kepiting hihihi. AKu nih seumur2 belum pernah coba wkwkwkwk taunya langsung makan aja. Tapi nih gara2 mb Uli aku jadi broswing2 mister crab dan kepenge bikin juga. Iya dong ah makannya kudu pakai nasi ntar ga kenyang. Kecuali yg masaknya udah kecapean hahaha 😀 Hemat emang ya kalau masak sendiri. Mantap!

  4. Ya Allah jadi ingat belum pernah makan kepiting 🙁 berarti kalo beli mentah 25ribuan doang ya Mbak? Bedanya jaih dengan yg d warung seafood anw hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

matiin dong

matiin dong ad bloker nya. plisss