Wow, sudah tiba hari Rabu ! Komburmamak seperti biasa akan membagi menu dan tips urutan memasak supaya tidak banyak menyisakan piring kotor. Hari ini bangun agak kesiangan, bukan karena tidak terbangun melainkan semalam Kanda batuk-batuk jadilah lumayan begadang sehingga bangunnya di undur satu jam dari yang biasa.

Minggu ini aku enggak belanja mingguan, alasannya karena Jumat sudah libur dan sisa bahan-bahan masakan ada sedikit jadi serba tanggung makanya pengen dihabiskan aja. Jadilah menu hari ini ada balado ikan, sayur bening, bakwan sayur dan telur dadar. Untuk lunch hanya ada ikan balado dan sayur bening, sarapan dengan telur dadar dan bakwan kemudian bekal anak-anak ikan tanpa balado.

Pertama selalu menanak nasi terlebih dahulu, kemudian bersihkan ikan lalu beri jeruk nipis dan garam. Selanjutnya membuat adonan bakwan, tepung terigu 4 sendok makan (bumbung) kemudian iris kol, jagung dan parut wortel. Selanjutnya panaskan minyak goreng terlebih dahulu bakwan, karena kalau ikan duluan nanti minyaknya kotor. Setelah bakwan selesai digoreng lanjutkan dengan menggoreng ikan. Bekas wadah adonan bakwan enggak usah dicuci langsung kocok telur yang sudah diberi irisan bawang merah dan cabe merah. Selama menunggu ikan matang aku menyiangi sayur bayam yang dibeli 2 minggu lalu, sehingga daun bayam sudah enggak segar menyeluruh, hanya dapat sedikit kemudian iris jagung dan tambahkan kol supaya sayur nya cukup. Sesekali membalik ikan ya, lalu cuci sayur sampai bersih. Kemudian lanjut mendadar telur sambil menunggu matang aku memblender bahan sambal balado, cabe merah, bawang merah dan tomat. Telur dadar matang, lalu sisa minyak goreng pas untuk menumis balado, setelah balado matang langsung masukkan ikan. Well tinggal selangkah lagi yaitu memasak sayur, untuk sayur bening biasanya aku hanya memberi irisan bawang merah, cabe merah dan tomat, didihkan air bersama bumbu lalu masukkan sayuran, enggak usah lama-lama supaya sayuran terasa gres gres nya.

Menu hari ini enggak membutuhkan waktu lama hanya satu jam saja, jam 5 kurang 5 menit semua masakan sudah ready dan langsung deh aku wadahi ke tempat bekal aku, suami dan anak-anak.

Jadi untuk memasak kali ini hanya menyisakan cucian piring 1 mangkok, 1 piring, 2 kuali. See? Memasak memang harus punya strategi supaya kalau masakan sudah beres dapur tetap bersih sehingga membuat kita enggak capek. Dan jangan buru-buru dalam memasak karena bisa membahayakan diri kita, apalagi kalo menggoreng ikan kalo membalik bisa membuat minyak menyiprat dan mengenai kulit kita. Karenanya sediakan waktu yang cukup supaya kita tenang dalam menyajikan masakan untuk keluarga.

Untuk menggoreng ikan juga jangan terlalu lama , apalagi ikan nya seperti salam, tongkol dan tuna. Karena tekstur daging ikan yang empuk akan lebih enak kalau disajikan masih juicy begitu, kecuali ikan yang dagingnya tipis memang nikmat digoreng garing.

Untuk memasak sayur bening kalau menggunakan jagung sebaiknya masak terlebih dahulu jagungnya, setelah 3 menit baru masukkan sayuran daun hal ini supaya jagun matang dan terasa manisnya, kalau dimasukkan berbarengan jagung bisa tidak matang atau resiko lainnya sayuran daun menjadi terlalu matang.

Sambal balado bila sisa jangan dibuang karena masih bisa kita gunakan untuk bumbu nasi goreng dan nasi goreng nya dijamin rasanya enak deh!

Oke genks itu dulu cerita dapur kami hari ini, memasak adalah kegiatan yang menyenangkan dan semakin bahagia bila anak, suami tampak lahap menyantap masakan kita. Dan kalian tahu masakan Ibu adalah masakan terbaik di dunia ?

Intip Menu Rabu Lalu disini ya

Kombur Mamak

2 Comments

  • Hahaha Aku kira aku saja yang suka nyimpen sisa sambal buat nasi goreng ternyata rata rata ya.

    So For, belum pernah masak sayur bening disandingkan dengan balado Ikan. Seringnya sama Perkedel jagung, Tahu pong atau ikan pindang goreng biasa. seger banget lihat masakannya 🙂

  • Selama ini saya kalau bikin bakwan jagung, selalu pakai jagung saja. Nggak pakai tambahan kol dan wortel. Terima kasih , baca artikel ini dapat inspirasi baru menmbahkan sayur dalam bakwan jagung. Lebih sehat pastinya ya karena ada tambhana sayur.

Leave a Reply