Kuliner

Ramuan Herbal Dari Bumbu Dapur

Per hari ini 24 Maret 2020 kasus positif Covid 19 di Indonesia 686 kasus, yang dinyatakan sembuh 30 orang dan meninggal 55%. Persentase kematian 8% bisa jadi tertinggi dibanding negara lain.

Sudah banyak informasi yang bisa kita peroleh terkait tindakan preventif diantaranya lakukan social distancing, gunakan masker dan rajin cuci tangan. Penyebaran virus terjadi bila ada sentuhan fisik dan ada kasus pasien positif tanpa gejala which is ini jauh lebih berbahaya karena si pasien tak tahu dirinya bisa menularkan.

Ditengah hiruk pikuk menaikkan daya tahan tubuh ternyata salah satunya adalah dengan konsumsi herbal, di Indonesia pasti gak susah bahkan untuk masakan utama saja nyaris semua menu di RM Padang menggunakan rempah-rempah dan masuk akal kalau si Covid-19 telat masuk ke kita.

Pandemi, itu label yang diberikan WHO artinya bukan hanya negara kita tapi ada 185 negara yang sudah confirm akan keberadaan Covid-19 jadi gak usah lagi menghina Indonesia dengan segala kekurangannya, mau dia negara maju percayalah gak ada satu negarapun yang siap menerima musibah. Semuanya diuji untuk kompak supaya bisa melewati cobaan dari sang pencipta.

Nah lantas apa saja ya ramuan herbal yang bisa kita buat dari dapur?

Kalau rajin masak inshaallah stok rempah aman : kunyit, jahe, serai, ketumbar, cengkeh dan kayu manis adalah bumbu dapur yang selalu ada di dapur kami. Bumbu dapur ini biasanya dipakai untuk menu gulai dan sop. Kali ini mau diracik untuk membuat ramuan herbal yang bisa menaikkan daya tahan tubuh.

  • Air Jahe Madu : manfaatnya bagus untuk membuat hangat tubuh, membuatnya gampang cukup iris-iris jahe lalu rebus dengan air. Biasanya 1 liter air aku iris 3 ruas jahe lalu didihkan sampai tercium aroma wangi khas jahe. Kalau sebelum wabah sih aku campur susu jadilah jahe susu yang bikin tidur pulas. Nah karena lagi pandemi Covid-19 air jahe aku campur dengan 2 sdm madu asli sumbawa ehm paduannya pas banget dan anak-anak juga suka.
  • Kunyit Asem, ramuan herbal satu ini sejak dulu udah ngetop buat nambah imunitas tubuh. Dulu suka bikin buat menghalau rasa gak nyaman ketika tamu bulanan hadir. Caranya haluskan atau parut kunyit, lalu rebus dengan tambahan serai, cengkeh, kayu manis dan aku tambahkan asem jawa dan garam gula merah sesuaikan rasa dan biasanya aku buat dalam jumlah banyak karena awet di dalam kulkas sekitar 2 mingguan.
  • Kencur Peras, nah ini juga bumbu dapur kalau mau masak seblak hehe karena lagi mahal dan sedang ada pandemi covid jadilah aku olah menjadi herbal yang berfungsi untuk menghangatkan tenggorokan dan ampuh buat menghalau batuk. Cara yang sering aku lakukan adalah kencur nya aku kupas lalu aku rendam di air panas, setelah suam-suam kuku kencurnya aku parut, dan setelah itu di peras (jadi teksturnya kental) nah setelah di peras aku campurkan madu lalu sedikit jeruk nipis. Suer ini rasanya enak banget bahkan pernah pengen aku jadikan permen tapi sayang belum nemu partnernya nih.

Well, itu dia ramuan herbal rumahan dari bumbu dapur dan apapun ramuannya pastikan kalian tahu itu asli ya, kalau ribet banyak yang jual but one more time make sure itu bahannya alami. Semoga kita bisa melindungi diri dari pandemi covid19 dan jangan hanya takut tertular tapi takutlah menularkan

Stay safe every one

Tags

Kombur Mamak

Hi, I am Uli, a wife, mom of two, working mom and also as a blogger. Live happily with gratitude and patience. Contact me +62 896 2710 3287

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

matiin dong

matiin dong ad bloker nya. plisss